Searching...



Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Gayo Lues merupakan Rumah Sakit milik Pemerintah Daerah Kabupaten Gayo Lues yang telah melewati beberapa transisi nama dan tempat kedudukan yang pada awalnya memiliki nama Rumah Sakit Lapangan Blangkejeren yang beroperasi di Desa Kampung Jawa, Dusun Tangsi Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues ditetapkan oleh Menteri Kesehatan yang tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 1024/Menkes/SK/X/2004 tentang Penetapan Rumah Sakit Lapangan di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Bangunan Rumah Sakit Lapangan terdiri dari susunan dari beberapa container, tetapi pelayanan kesehatan yang diberikan pada Rumah Sakit Lapangan Blangkejeren  setara dengan Pelayanan di Rumah Sakit Umum Kls C.



Berdasarkan perkembangan kebutuhan pelayanan kesehatan, pada tanggal 16 September 2009 Pemerintah Daerah Kabupaten Gayo Lues mengirimkan usulan perubahan identitas Rumah Sakit Umum Lapangan Blangkejeren menjadi  Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Gayo Lues kepada Direktur Jendral Bina Pelayanan Medik Departemen Kesehatan Republik Indonesia, sehingga Direktur Jendral Bina Pelayanan Medik Departemen Kesehatan Republik Indonesia mengeluarkan surat dengan Nomor KU.01.06/I/2905/09 tanggal 30 Juli 2009 tentang pernyataan bahwa Kepemilikan Rumah Sakit Lapangan Blangkejeren sepenuhnya diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam terhitung mulai Tahun Anggaran 2010.



Pada awal bulan Juni Tahun 2009 Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Gayo Lues mulai di fungsikan dan telah memiliki bangunan Permanent yang bertempat pada Jalan Pangur Nomor 1, Desa Sangir Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues. Namun peresmiannya dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2010 oleh Bapak Bupati Kabupaten Gayo Lues, Bapak H. Ibnu Hasyim.



Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Gayo Lues berada di wilayah Kecamatan Dabun Gelang seluas ± 9 (sembilan) hektar. Sebelah Selatan Rumah Sakit Berbatasan dengan Sekolah Luar Biasa (SLB), sebelah Barat berbatasan dengan SMK 1 Dabun Gelang, sebelah Utara berbatasan dengan jalan Pangur sedangkan sebelah Timur berbatasan dengan Desa Pangur. Jarak tempuh  dari Ibu Kota Kabupaten ke Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Gayo Lues ± 5 Km dengan waktu tempuh ± 8 menit dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Sedangkan jalur jalan yang yang menghubungkan Ibu Kota Kabupaten dengan Rumah Sakit umum Daerah Kabupaten Gayo Lues terdiri dari 2 (dua) jalur, yaitu dari arah desa Penampaan dan dari arah Desa Badak.



Izin Operasional Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Gayo Lues dikeluarkan oleh Bupati Gayo Lues pada Tahun 2011 melalui Surat Keputusan Bupati Gayo Lues Nomor 445/402/2011 tentang Penetapan izin Operasional Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Gayo Lues.

    

Pada Tahun 2013, Rumah Sakit membentuk Tim Penetapan Kelas Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Gayo Lues, yang tertuang dalam Surat Keputusan Bupati Gayo Lues Nomor 440/298/2013 tentang Pembentukan Tim Penetapan Kelas Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Gayo Lues. Sehingga pada Tahun 2014 Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Gayo lues ditetapkan menjadi Rumah Sakit Umum Kelas C oleh Menteri Kesehatan memalui Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.02.03/I/2403/2014, tentang Penetapan Kelas Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh.



Izin Operasional Tetap Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Gayo Lues dikeluarkan oleh Bupati Gayo Lues tahun 2015 melalui Surat Keputusan Bupati Nomor 445/272/2015, tentang Izin Operasional Tetap Rumah Sakit Umum Daerah Gayo Lues.

Pada Tahun 2018 Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Gayo Lues telah memenuhi Standar Akreditasi Rumah Sakit dan dinyatakan Lulus Tingkat Perdana pada tanggal 17 Januari 2018 sampai dengan 17 Desember 2020. Dengan nomor Sertifikat : KARS-SERT/623/I/2018. Oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit dengan Ketua Eksekutif Dr.dr.Sutoto, M.Kes dan terus melakukan pengembangan menuju Badan Layanan Umum Daerah ( BLUD ) RSUD mempunyai tugas pokok menyelenggarakan Pelayanan Kesehatan dengan upaya penyembuhan, pemulihan, peningkatan, pencegahan, pelayanan rujukan dan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengembangan serta pengabdian masyarakat.