Searching...
Sunday, February 17, 2019

5:40 PM
Puluhan orang meneriakkan yel yel. Seperti pelatihan lainnya. Suasana inhouse training kali ini pun tetap hidup. Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Dasar yang diadakan civitas hospitalia ini dilaksanakan selama 3 hari dan dipandu oleh narasumber Komite PPI yang berasal dari RSUZA, Banda Aceh. Dalam keterangannya, Ketua IPCN RSUD Gayo Lues, Ns Istqomah menyampaikan bahwa PPI ini adalah instrumen yang melekat pada suatu rumah sakit. Contoh kecil, standar cuci tangan sampai prosedur penanganan pasien HIV ada pada PPI.

Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) adalah suatu upaya yang ditujukan untuk mencegah transmisi penyakit menular di semua tempat pelayanan kesehatan. Pencegahan memiliki arti mencegah agar tidak terjadi infeksi, sedangkan pengendalian memiliki arti meminimalisasi resiko terjadinya infeksi. Dengan demikian, tujuan utama dari pelaksanaan program ini adalah mencegah dan mengendalikan infeksi dengan cara menghambat pertumbuhan dan transmisi mikroba yang berasal dari sumber di sekitar penderita yang sedang dirawat.

Disela-sela kegiatan, Direktur RSUD Gayo Lues pun menyampaikan bahwa RSUD Gayo Lues sedang berupaya memenuhi standar-standar rumah sakit baik secara administrasi maupun teknis. "Kami menyambut dengan gembira apa yang disampaikan oleh Komite PPI dari Banda Aceh, yang kita lakukan adalah untuk memenuhi hak-hak pasien sesuai aturan. Sebagaimana amanat Bupati dan Wakil Bupati untuk menjadikan RSUD Gayo Lues yang setara dengan rumah sakit lainnya."

Bukan hanya itu, Direktur RSUD Gayo Lues yang juga seorang dokter menyampaikan bahwa Tindakan pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI), tidak terpisah dari komponen-komponen lain dalam asuhan selama persalinan dan kelahiran bayi, keluarga, penolong persalinan dan tenaga kesehatan lainnya dengan mengurangi infeksi karena bakteri, virus, dan jamur. Dilakukan pula upaya untuk menurunkan resiko penularan penyakit-penyakit yang berbahaya yang hingga kini belum ditemukan pengobatannya seperti Hepatitis dan HIV/AIDS. 

Semoga apa yang sedang kita upayakan ini memberikan dampak positif bagi pelayanan RSUD Gayo Lues ke depan.
Beri Komentar :